Wajah Baru ATM Link Meluncur, Apa Bedanya Dengan ATM Lain?

Berita, Teknologi685 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri BUMN Erick Thohir telah meresmikan wajah baru jaringan ATM Link pada Selasa (26/9/2023). Dengan integrasi Platform ATM Himbara ini, nantinya nasabah dapat mengakses layanan bank himbara pada ATM Link atau yang dikenal sebagai ATM Merah Putih.

Layanan Integrasi ATM Link saat ini telah diluncurkan di salah satu Bank Himbara, yakni PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BTN), dan akan secara bertahap diperluas ke seluruh jaringan ATM Himbara yang akan dikelola sepenuhnya oleh PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sebagai bagian dari Holding Danareksa.

Wakil Direktur PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) Adi Sulistyowati selaku Ketua Tim Konsolidasi ATM Himbara mengatakan wajah baru ini merupakan perluasan fitur integrasi dari empat bank himbara menjadi satu sistem dengan 335 fitur. Ia mengatakan layanan satu jaringan yang berjumlah 53 ribu mesin ATM dan CRM rencananya akan rampung pada bulan Juni 2024.

Mungkin masih banyak orang yang belum memahami betul sebenarnya apa ATM Link atau ATM Merah Putih yang sudah meluncur sejak tahun 2015. Tidak heran, karena sering kali kita menemukan ATM yang tersedia di sekitar kita dengan keterangan yang berbeda-beda.

Ada ATM yang bertuliskan ATM Link, ada juga ATM Prima, dan ATM bersama pada satu ATM yang mewakili bank tertentu.

Lalu sebenarnya, apa perbedaan dari jenis-jenis ATM tersebut?

Perbedaan ATM Link, ATM Prima dan ATM Bersama

Ketika ingin menggunakan ATM di tempat umum, tentu pengguna akan memastikan bahwa ATM tersebut adalah ATM yang dimiliki oleh bank terkait. Namun, saat ATM yang mewakili bank tersebut tidak tersedia, biasanya nasabah akan menggunakan ATM Link atau bisa juga ATM bersama.

Baca Juga  BEI Awasi Ketat Saham AGAR Usai Terbang 142% Dalam Sepekan

Agar tidak salah dalam menggunakan, ketahui lebih detail perbedaan kebijakan antara jenis-jenis mesin ATM tersebut berikut ini.

1. ATM Link

ATM Link merupakan jaringan ATM dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang terdiri dari bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yaitu BNI, BRI, BTN dan Mandiri. Seluruh nasabah Himbara bisa menggunakan ATM Link dengan fitur lengkap yang memiliki lebih dari 53 ribu unit yang sudah tersebar di Indonesia.

ATM Link ditandai dengan logo Link dan dilengkapi dengan logo masing-masing bank pemilik mesin ATM Link tersebut yang tergabung ke dalam Himbara (BRI, BNI, BTN atau Mandiri) di bagian bawah mesin.

Dengan peresmian wajah baru pada Selasa (26/9/2023), nantinya nasabah bank himbara dapat mengakses seluruh layanan bank himbara pada ATM Link. Semisal nasabah BNI yang ingin mengisi TapCash, akan bisa mengisinya lewat ATM Link. Contoh lain, nasabah Bank Mandiri bisa mengakses Livin’ melalui ATM Link.

Sistem manajemen ATM Merah Putih menggunakan sistem shared service. Nasabah bank himbara melalui ATM Link dapat menggunakan fitur asli dari setiap bank (dengan tarif nol rupiah untuk cek saldo dan penarikan tunai, serta tarif Rp 4.000 untuk transfer).

2. ATM Prima

ATM Prima merupakan jaringan ATM yang memberikan kemudahan untuk nasabah mitra bank Prima ATM agar bisa melakukan transaksi seperti tarik tunai, cek saldo dan transfer uang antar bank di seluruh mesin ATM dengan logo ATM Prima.

ATM Prima menawarkan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di ATM seluruh Indonesia dengan fitur transfer antar bank yang bisa diproses secara real time online selama 24 jam non-stop.

ATM ini sudah terhubung dengan 77 bank di Indonesia dan memiliki lebih dari 120 ribu jaringan ATM yang terkoneksi dengan Mobile Banking, Internet Banking serta channel digital lainnya.

Baca Juga  Ada Pemanis Tambahan, Rupiah Berpotensi Lanjut Menguat

3. ATM Bersama

ATM Bersama merupakan jaringan Switching terbesar di Indonesia yang sudah berhasil terhubung dengan 90 institusi, baik dari pihak Bank maupun lembaga non-Bank. ATM Bersama merupakan jaringan Switching pertama di Indonesia yang bisa melakukan transaksi transfer antar bank secara real time online.

Semakin banyak anggota ATM Bersama, tentu akan mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi di semua delivery channel milik Bank yang memiliki logo ATM Bersama di Indonesia.

Selain itu, ATM Bersama juga sudah terhubung dengan prinsipal luar negeri seperti JCB dari Jepang, Paynet dari Malaysia dan Al-Rajhi dari Arab Saudi. Jadi, nasabah Bank yang masuk ke dalam anggota ATM Bersama bisa melakukan transaksi di Malaysia dan Arab Saudi.

Begitupun sebaliknya, nasabah dari prinsipal luar negeri seperti JCB di Jepang bisa melakukan transaksi melalui ATM Bersama di Indonesia. Para nasabah yang memiliki kartu ATM dengan logo ATM Bersama bisa mengambil uang di terminal ATM yang terdapat logo ATM Bersama.

Batasan penarikan uang per harinya tetap menyesuaikan ketentuan dari pihak Bank Penerbit Kartu. Bukan hanya tarik tunai, para nasabah juga bisa melakukan transaksi lainnya. ATM Bersama sudah terhubung dengan Interkoneksi jaringan seluruh prinsipal di tanah air, yang artinya para nasabah bisa melakukan transfer ke seluruh rekening Bank lain di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Pesan Erick: Komunikasi BUMN Harus Lebih Efektif & Transparan

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *