Usulan Kebudayaan Diurus Kementerian Tersendiri Mencuat di KKI 2023

Berita, Teknologi551 Dilihat

Jakarta: Peserta Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2023 mengusulkan kebudayaan diurus oleh satu kementerian tersendiri. Sebab, kebudayaan memiliki cakupan cukup luas.
 
“Dari sekian banyak urusan hanya bisa ditangani oleh sebuah kementerian yang berdiri sendiri. Itu aspirasi dari peserta kongres dan kita merekam itu, nanti mungkin ketika masuk ke dalam urusan teknokratik dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang dalam RPJMN yang berikut itu sudah bisa dibunyikan lagi,” kata Dirjen Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid, di Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.
 
Selain itu, terdapat juga usulan untuk memperbesar dana abadi kebudayaan di daerah. Sejauh ini, perhatian untuk dana abadi kebudayaan di daerah masih minim.

“Itu kita tadi sebenarnya mendiskusikan ruang fiskalnya masih ada enggak untuk itu (dana abadi kebudayaan di daerah)? Kalau iya, mekanisme segala macam itu yang dibahas. Hasilnya, rumusannya tentu akan kita sampaikan ya secara terpisah begitu. Tapi, itu sebagai contoh yang dibicarakan,” kata Hilmar.
 
Kongres juga membicarakan terkait nasib dewan kesenian atau dewan kebudayaan. Saat ini, keberadaan dewan tersebut kurang efektif.
 
“Nasib dari dewan kesenian atau dewan kebudayaan yang ada di sekitar 100 kabupaten kota dan juga provinsi, tapi tidak semuanya berjalan efektif. Jadi, kalau ini mau diperbaiki, diperkuat, maka apa syarat-syaratnya. Apa langkah-langkah konkretnya? Itu yang kami diskusikan. Salah satunya yang jelas adalah memperkuat regulasi,” beber Hilmar.
    

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Info lebih lanjut klik, osc.medcom.id.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Baca Juga  Menpora Bangga dengan Kemeriahan DBL

(REN)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *