SIG Emiten BUMN Paling Rajin Bagi Dividen Jumbo, Ini Buktinya

Berita, Teknologi89 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) atau SIG menjadi salah satu emiten Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang paling rajin membagikan dividen. Terkini, SIG membagikan dividen tunai sebesar 70% dari penggunaan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tahun 2022 sebesar Rp 2,36 triliun.

Sementara di tahun sebelumnya, SIG memutuskan pembagian dividen tunai senilai Rp 1,02 triliun. Sedangkan di tahun 2020 SMGR memutuskan untuk membagikan dividen tunai 40% dari laba bersihnya yang sebesar Rp 2,79 triliun. 

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, operational excellence menjadi katalisator keberhasilan SIG dalam mempertahankan kinerja positif di tengah berbagai tantangan yang dihadapi industri bahan bangunan. Melalui modifikasi model operasi dan perbaikan proses produksi, SIG berupaya untuk meningkatkan keunggulan operasional guna mencapai optimalisasi operasi dan efisiensi biaya.

“Selain itu, SIG juga menjalankan sejumlah inisiatif strategis untuk selalu menjadi yang terdepan di industri bahan bangunan tanah air, dengan fokus pada pengelolaan pasar, mengidentifikasi berbagai peluang untuk meningkatkan kinerja, serta melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan inovasi produk dan layanan baru guna merambah ceruk-ceruk pasar yang belum tergarap secara optimal atau belum pernah dimasuki,” kata Vita Mahreyni.

Lebih lanjut, Vita Mahreyni menyampaikan, SIG berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp2,365 triliun pada tahun 2022, atau naik 15,5% dari periode sebelumnya sebesar sebesar Rp2,047 triliun.

Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) SIG tahun 2023, sebanyak 70% dari raihan laba bersih tahun 2022, atau sebesar Rp1,65 triliun, ditetapkan sebagai dividen tunai. Dari jumlah tersebut, pemerintah menerima dividen Rp847 miliar atas kepemilikan saham di SIG, atau meningkat 62% dari periode sebelumnya sebesar Rp522 miliar.

Baca Juga  Simak! Ini Saldo Minimum BCA, Bank Mandiri, BNI, dan BRI

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Energi Hijau Semen Indonesia (SMGR) Sukses Hemat US$16,1 Juta

(rob/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *