Seks Berdarah Setelah Lepas KB? Yuk, Ketahui Penyebabnya Moms

Berita, Teknologi572 Dilihat
Jakarta: Bagi kamu para istri yang setelah lepas KB dan saat berhubungan intim dengan suami keluar darah, hal ini bisa saja terjadi ya Moms. Menurut dr. Muliani Sukiman via Alodokter menerangkan, perdarahan setelah berhubungan intim yang dialami dapat berkaitan maupun tidak dengan penghentian KB implan sebelumnya. 

Menurut dr. Muliani, setelah penghentian KB hormonal memang dapat terjadi ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh, sehingga dapat memicu timbulnya perdarahan di luar masa menstruasi.

Perdarahan yang dialami dapat saja berkaitan dengan kondisi ini, di mana secara kebetulan perdarahan terjadi setelah berhubungan intim.



(Jika melakukan hubungan intim Moms masih berdarah, maka tunda melakukan hubungan intim bila perdarahan masih terjadi. Dan lakukan foreplay yang cukup untuk mengindarinya. Foto: Ilustrasi/Dok. Unsplash.com)

Namun demikian, dr. Muliani mengingatkan bahwwa perdarahan yang timbul usai berhubungan intim dapat pula disebabkan oleh faktor yang lain misalnya karena gesekan saat berhubungan intim, kurangnya cairan lubrikasi atau pelumas, bisa juga karena luka genital akibat penyakit menular seksual (sifilis, herpes genital).

Faktor lain ujar dr. Muliani bisa terjadi perdarahan di hubungan intim karena vagina kering, atrofi vagina (penipisan dan peradangan dinding vagina), radang serviks, polip leher rahim, radang panggul, atau tanda awal kanker serviks.

Apabila keluhan terus berulang maka sebaiknya kamu menemui dokter kandungan agar dapat ditelusuri penyebabnya. Tes penunjang seperti USG, tes darah atau pap smear mungkin dapat dianjurkan oleh dokter jika diperlukan untuk menganalisis penyebabnya lebih jauh.

Dengan demikian maka penanganan yang tepat dapat diberikan untuk kamu sesuai dengan kondisi dasarnya.

Tipsnya menurut dr. Muliani antara lain kamu bisa melakukan:

 

  1. 1. Lakukan pemanasan atau foreplay yang cukup saat berhubungan intim
  2. 2. Tunda melakukan hubungan intim bila perdarahan masih terjadi
  3. 3. Bila vagina terasa kering dapat menggunakan pelumas yang berbahan dasar air
  4. 4. Komunikasikan dengan pasangan mengenai posisi yang nyaman dan tidak nyaman saat berhubungan seksual
  5. 5. Istirahat yang cukup dan mengurangi kegiatan yang berat, dan
  6. 6. Meminimalisir stres

(TIN)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Pasar Terguncang! Rupiah Anjlok ke 16.400 per Dolar AS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *