Rusia-Liga Arab Bertekad Hentikan Pertumpahan Darah di Israel dan Gaza

Berita, Teknologi177 Dilihat

Moskow: Pemerintah Rusia dan Liga Arab bertekad untuk “menghentikan pertumpahan darah” di Israel dan Jalur Gaza, ucap Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada hari Senin, 9 Oktober 2023. Pernyataan disampaikan Lavrov ketika dirinya bertemu Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit di Moskow hari ini.
 
Mengutip dari laman AFP, Aboul Gheit berada di Moskow untuk melakukan pembicaraan dengan Rusia, menyusul serangan mengejutkan kelompok pejuang Palestina Hamas terhadap Israel pada Sabtu pagi pekan kemarin.
 
Serangan mengejutkan itu menewaskan ratusan orang di Israel. Sebaliknya, serangan balasan Israel juga menewaskan ratusan warga Palestina.

“Saya yakin Rusia dan Liga Arab akan bekerja sama di atas segalanya untuk menghentikan pertumpahan darah,” ujar Lavrov.
 
Ia menambahkan bahwa penting untuk “segera menghentikan bentrokan, menyelesaikan masalah seputar warga sipil, dan menetapkan alasan mengapa hingga kini belum ada solusi (atas konflik Israel-Palestina),” sambungnya.

Seruan Damai

Pernyataan senada mengenai penghentian aksi kekerasan juga telah disampaikan Paus Fransiskus pada hari Minggu kemarin.
 
Berbicara di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Fransiskus menyerukan “perdamaian di Israel dan Palestina,” dengan mengatakan bahwa “terorisme dan perang tidak akan menghasilkan solusi.”
 
Fransiskus tidak menyebut Jalur Gaza atau Hamas dalam pidatonya. “Perang adalah kekalahan. Semua perang adalah kekalahan. Mari kita berdoa untuk perdamaian di Israel dan Palestina,” ujar Fransiskus di Lapangan Santo Petrus di Vatikan.
 
“Saya mengikuti dengan ketakutan dan rasa sakit apa yang terjadi di Israel. Saya menyatakan solidaritas saya kepada keluarga para korban,” sambungnya, kepada banyak orang setelah doa Angelus.
 
Baca juga:  Serukan Perdamaian Israel-Palestina, Fransiskus: Perang Tak Hasilkan Solusi
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Baca Juga  Pilpres Bikin Rupiah Kuat, Dolar Jadi Rp15.570

(WIL)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *