RI Punya Harta Karun Baru, Ini Bocoran Erick Thohir

Berita, Teknologi185 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, investasi di bidang energi baru terbarukan akan terus didorong. Bahkan, kawasan danau-danau dapat menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga surya. Bisa dibilang danau bisa jadi harta karun baru Indonesia.

“Kalau tadi disampaikan ke Bapak Presiden contoh di kawasan danau-danau sekarang itu bisa menjadi floating daripada solar panel,” ujarnya dalam acara Asean-Indo-Pasific-Forum (AIPF) di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (5/9).

Menurutnya, untuk menggarap investasi energi terbarukan dapat menggandeng negara-negara di Asean. Indonesia sendiri telah bekerja sama dengan Uni Emirat Arab untuk menggarap PLTS Terapung Cirata.

“Yang sudah kemarin salah satunya berpartner dengan UAE tadinya ada batasan wilayah hanya 5% tetapi sekarang sudah bisa sampai 25%, artinya apa potensi yang kemarin sama Masdar di Cirata itu hanya 130-an, itu bisa menjadi 1 giga watt,” jelasnya.

Erick memaparkan, potensi pemanfaatan kawasan danau menjadi PLTS juga berdampak positif bagi sekitarnya. “Bayangkan kalau kita danau-danau kita juga menjadi friendly kepada tadi energi terbarukan. Nah investasi besar ini yang kita terbuka,” imbuhnya.

Erick menambahkan, investasi tersebut perlu didorong bukan hanya untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia pada khususnya, melainkan kawasan Asia Tenggara.

“Nah, hal-hal ini yang saya rasa kita masih dorong bahwa kita pastikan tadi pertumbuhan ekonomi tidak terjadi di mana, tetapi yang prioritas di Indonesia. Indonesia menyumbangkan pertumbuhan ekonomi yang ada di Asia Tenggara dan juga dunia,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Meledak 1-2 Tahun Lagi, Bom Waktu Ini Buat Erick Thohir Takut

Baca Juga  The Fed Beri Sentimen Positif, Sektor Mana Yang Diuntungkan?

(rob/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *