Pandu Sjahrir Kasih Bocoran Investasi di Sini Bakal Cuan

Berita, Teknologi717 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Di tengah situasi perekonomian yang belum menentu ini, Founding Partner AC Ventures Pandu Patria Sjahrir memberikan proyeksi sektor yang memiliki prospek cerah. 

Menurutnya investasi yang memiliki potensi besar adalah yang terkait lingkungan. Pasalnya saat ini, baik domestik maupun global tengah digandrungi masyarakat. 

Oleh karena itu perusahaan di sektor energi hijau diprediksi akan menjadi decacorn dan unicorn selanjutnya di Indonesia. “Saya rasa the next decacorn dan unicorn itu dari energi transisi dan the next billionaire dari sini. Just follow the trend, semua orang ngomongin net zero and green economy, dan lain-lain. Saham yang ke arah sana itu harus kita perhatikan,” ujar Pandu di tengah CNBC Indonesia Investment Expo 2023, di Jakarta, Kamis, (14/9/2023).

Lebih rinci lagi, Pandu melihat bahwa sektor kendaraan listrik atau electric vehicles (EV) menawarkan potensi yang besar. Hal ini berkaca kepada pencapaian yang telah terjadi di negara lain.

“China penetrasi EV-nya sudah 35%, kenapa bisa cepat? Karena sempat polusi parah di kota besarnya, lalu pemerintahnya mendorong masyarakat menggunakan EV,” kata dia.

Ke depannya, Pandu melihat bahwa di Jakarta akan mulai beralih kepada produk EV seperti yang terjadi di China. “Makanya saya semangat melihat China dan India punya concern yang sama. Jadi saya lihat pasti ini akan ke sini kedepannya,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, ada sejumlah pemain motor listrik di bursa. Sebut saja, PT Ilectra Motor Group (IMG), joint venture antara emiten energi PT Indika Energy Tbk (INDY), Alpha JWC Ventures, dan Horizons Ventures. IMG memproduksi motor listrik dengan brand Alva.

Baca Juga  Dalang Belum Terungkap, Ini 4 Fakta Kebocoran Informasi RPH MK ke Publik

Kemudian, emiten milik Luhut B. Pandjaitan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA), yang masuk ke bisnis EV roda lewat brand Electrum, yang merupakan joint venture dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Emiten Grup Kresna, PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) yang merupakan anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) juga memiliki motor listrik dengan merek Volta.

Lebih lanjut, PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) dengan E-Motor dan PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE) dengan T1800 dan pengembangan TX3000 juga ikut meramaikan pasar motor listrik Tanah Air.

Emiten anyar, yang melantai pada 8 Mei 2023, PT Informasi Teknologi Indonesia Tbk (JATI) juga terjun ke bisnis motor listrik dengan menjadi distributor penjualan dengan menggandeng PT The Agung Pamungkas (Tangkas).

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


TOBA Bagi-Bagi Saham, Pandu Cs Kebagian 38,43 Juta Lembar

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *