Ngeri! ?16 Migran Tewas 29 Terluka dalam Kecelakaan Bus di Meksiko

Berita, Teknologi600 Dilihat

Oaxaca: Setidaknya 16 migran dari Venezuela dan Haiti tewas dalam kecelakaan bus di Meksiko selatan pada Jumat pagi waktu setempat, lapor otoritas setempat.
 
Institut Imigrasi Nasional Meksiko awalnya melaporkan 18 korban tewas, namun kemudian direvisi menjadi 16. Jaksa di negara bagian selatan Oaxaca mengatakan adanya penghitungan yang berlebihan karena beberapa jenazah dipotong-potong.
 
Mengutip dari laman voanews.com, Sabtu, 7 September 2023, kedua sumber itu mengatakan korban tewas termasuk dua perempuan dan tiga anak-anak, dengan 29 lainnya mengalami luka-luka.

Serangkaian foto dari lokasi kejadian menunjukkan bus terguling di jalan raya yang berkelok-kelok di kota Tepelmeme, Oaxaca. Penyebab kecelakaan di dekat perbatasan negara bagian Puebla itu masih diselidiki.
 
Total 55 migran, sebagian besar dari Venezuela, berada di dalam kendaraan tersebut.
 
Kematian ini merupakan yang terbaru dari serangkaian peristiwa mengenaskan melibatkan migran di Meksiko. Kecelakaan terjadi di tengah meningkatnya jumlah migran yang melakukan perjalanan menuju perbatasan Amerika Serikat (AS).
 
Karena agen migrasi sering menggerebek bus reguler, para migran dan penyelundup sering kali mencari bentuk transportasi berisiko seperti bus, kereta api, atau truk barang yang tidak memiliki izin beroperasi.

Migran Tak Berdokumen

Pekan lalu, 10 migran Kuba tewas dan 17 lainnya luka parah setelah sebuah truk pengangkut barang yang mereka tumpangi jatuh di jalan raya di negara bagian tetangga Chiapas, dekat perbatasan dengan Guatemala. Institut Imigrasi Nasional mengatakan semua migran Kuba yang tewas adalah perempuan, dan salah satu dari mereka berusia di bawah 18 tahun.
 
Pihak berwenang Meksiko pada umumnya melarang para migran yang tidak memiliki dokumen sesuai untuk membeli tiket bus reguler. Para migran yang tidak memiliki uang untuk menyewa penyelundup kerap kali menyewa bus dengan pengemudi yang melaju dengan kecepatan tinggi agar tidak dihentikan petugas.
 
Pekan lalu, sebuah truk terbalik di jalan raya di Chiapas, menewaskan dua migran Amerika Tengah dan melukai 27 lainnya. Dua migran Amerika Tengah juga meninggal pekan lalu setelah mencoba menaiki kereta yang bergerak di negara bagian Coahuila dekat perbatasan Texas.
 
Baca juga:  Bus Bawa Pekerja Migran di Meksiko Tabrak Truk, 16 Orang Tewas
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Baca Juga  Musim Dividen Tiba, Saham Bank Himbara Diburu Investor

(WIL)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *