Naik 10 Hari Beruntun, Harga Batu Bara Melonjak 14% Lebih

Berita, Teknologi688 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Harga batu bara dunia mencatatkan posisi tertinggi sejak Mei 2023 sekaligus mencatatkan kenaikan selama 10 hari beruntun. 

Merujuk pada Refinitiv, harga batu bara ICE Newcastle kontrak September ditutup di posisi US$ 160,75 per ton pada perdagangan Jumat (18/7/2023). Harganya naik 3,04%. Sejak awal Agustus, harga batu bara telah melesat 14,1% dari US$138,85.



Sentimen utama pasar global batu bara dipengaruhi oleh aktivitas perdagangan di pasar batu bara termal di Asia.

India, tingginya penggunaan bahan bakar energi menyebabkan karbondioksida semester pertama tahun ini menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah.

Utilitas India menggunakan campuran batu bara domestik kelas rendah ditambah impor untuk pembangkit listrik dan pengiriman batu bara ke konsumen batu bara terbesar kedua dapat memberikan indikator utama potensi emisi dari pembangkit listrik pesisir utama, yang merupakan salah satu yang terbesar di negara tersebut.

Sekitar 80% impor batubara termal India selama paruh pertama tahun 2023 berasal dari Indonesia, Afrika Selatan, dan Rusia, yang dikenal terutama mengekspor. batubara termal berkualitas rendah yang mengeluarkan CO2 dan sulfur dioksida saat dibakar di pembangkit listrik.

Namun, pasar menunjukkan kecenderungan “wait and see” karena para pembeli sedang menantikan sinyal positif yang lebih kuat.

Hal ini disebabkan oleh pelemahan permintaan listrik dan aktivitas industri di kawasan Asia yang dipimpin oleh China.

Pertengahan musim panas di China telah mengakibatkan penurunan permintaan listrik di negara tersebut. Selain itu, harapan akan adanya kenaikan harga batu bara domestik akibat topan juga belum terwujud.

Dari sisi pasokan, stok batu bara di pabrik-pabrik China relatif tinggi. Pada awalnya, penimbunan stok dilakukan karena khawatir akan gangguan pasokan akibat dampak topan.

Baca Juga  Sekda Banyuasin Safari Ramadhan di Kecamatan Betung – Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Banyuasin


Artikel Selanjutnya


Harga Batu Bara Jeblok Hampir 60%, China Jadi Biang Kerok


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *