Nadiem: Batik Simbol Terkuat Kebinekaan

Berita, Teknologi639 Dilihat

Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebut batik adalah simbol terkuat persatuan dan kebinekaan. Untuk itu, perlu untuk selalu melestarik batik.
 
“Siapa pun yang masih ingin mengetahui kekuatan kita sebagai bangsa, batik adalah simbol paling kuat kebinekaan kita,” kata Nadiem dalam peresmian Museum Batik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin, 2 Oktober 2023.
 
Nadiem juga menekankan Indonesia patut bersyukur dengan kekayaan warisan leluhur dimiliki. Seperti benda-benda bersejarah, adat istiadat, karya seni, dan tradisi yang terus bertahan dari generasi ke generasi.
 
“Warisan leluhur tersebut membentuk peradaban bangsa dan membawa Indonesia ke panggung internasional berkat pengakuan sebagai warisan dunia dan tepat pada hari ini di 2009, batik ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO,” ujar Nadiem.  

Nadiem mengatakan batik bisa diakui di dunia karena keindahan motif yang di setiap helainya mengandung nilai budaya dan makna filosofis. Hal itu berkaitan erat dengan siklus kehidupan manusia Indonesia.
 
Dia mengatakan hadirnya Museum Batik Indonesia merupakan salah satu komitmen untuk menjadikan cagar budaya sebagai tempat eksplorasi generasi di masa depan untuk menarasikan budaya bangsa.  
 
“Kita ingin museum-museum yang jauh lebih partisipatif, inklusif, dan lebih menyenangkan, bukan hanya tempat menyimpan cagar cagar budaya dan artefak-artefak, tetapi tempat bernarasi, tempat melakukan eksplorasi, tempat untuk rekreasi juga,” tutur dia.
 
Selain itu, salah satu hal penting dari hadirnya Museum Batik Indonesia adalah sebagai sarana transfer ilmu tentang batik kepada generasi muda. “Melalui museum ini, kita upayakan bersama transfer ilmu pengetahuan dari maestro batik ke generasi yang lebih muda agar budaya batik ini bisa berkelanjutan,” kata Nadiem.
 

Baca Juga  Semua Bisa Kaya dari Saham Kalau Tahu Ini

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Info lebih lanjut klik, osc.medcom.id
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(REN)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *