Melanie Putria Bagikan Tips Pola Hidup Sehat bagi Pekerja Freeport Indonesia

Berita, Teknologi636 Dilihat
Jakarta: PT Freeport Indonesia (PTFI) menggandeng Puteri Indonesia 2002, Melanie Putria, dalam kegiatan olahraga bersama dan seminar kesehatan yang dilakukan di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan motivasi pekerja, keluarga pekerja, maupun mitra kerja PTFI untuk dapat menerapkan pola hidup sehat dan menjaga berat badan ideal.

SVP Operations Maintenance PTFI, Rustiarso Rianto, mengatakan bahwa kesehatan dan keselamatan kerja merupakan aspek-aspek penting dalam kegiatan operasional industri tambang. 

“Bekerja di lokasi kerja PTFI dengan kondisi alam yang ekstrem, mendorong karyawan untuk tetap fit agar dapat bekerja dengan baik. Melalui sharing informasi kesehatan dari Melanie, harapannya dapat menginspirasi kami para pekerja untuk dapat menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu kami juga mengimbau kepada seluruh karyawan untuk memanfaatkan fasilitas olahraga dan makanan sehat yang sudah disediakan oleh perusahaan,” ujar Rustiarso.

Kegiatan olahraga bersama dan seminar kesehatan diselenggarakan pada 22 – 23 Oktober 2023. Pada acara olahraga bersama yang diadakan di lapangan bola Tembagapura Mile 68, Melanie Putria membagikan beberapa teknik olahraga yang benar. 



(Melanie Putria memimpin kegiatan olahraga bersama yang diadakan di lapangan bola Tembagapura Mile 68 pada 22 Oktober 2023. Foto: Dok. Istimewa)

Saat ini Melanie aktif sebagai host, MC, penyiar radio, dan kerap kali membagikan tips-tips gaya hidup sehat di media sosial miliknya. Ia juga menyoroti jenis-jenis latihan yang aman dan sederhana yang mudah diikuti dan dapat disesuaikan dengan tipe

tubuh.

“Untuk pemanasan, saya sarankan untuk melakukan dynamic stretching, seperti squat, leg swings, dan jumping jacks, untuk menaikkan heart rate. Ketika badan sudah mulai panas, barulah kita bisa mulai dengan latihan utama untuk melatih otot perut, core, tangan, dan kaki,” ujar Healthy Lifestyle Influencer, Melanie Putria.

Baca Juga  Market Wajib Tahu! Bos BRI Blak-Blakan Tantangan 2024

“Gerakan yang dapat dilakukan seperti russian twist, plank, dan lateral push. Setelah selesai, jangan lupa melakukan pendinginan untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri setelah berolahraga,” tambah Melanie lagi.

Acara hari kedua, Melanie membawakan seminar kesehatan yang bertajuk “Healthy Lifestyle, Healthy Me,” di Superblock, Ridge Camp Mile 72, Tembagapura, yang merupakan tempat tinggal 11.000 karyawan PTFI. Pada kesempatan ini, Melanie memberikan pembekalan mengenai gaya hidup sehat, yang mencakup tips-tips berolahraga, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, hingga pentingnya mengelola stres dan beristirahat yang cukup.



(Melanie juga memberikan tips olahraga aman dan sederhana yang mudah diikuti dan dapat disesuaikan menurut berbagai tipe tubuh. Foto: Dok. Istimewa)

“Ketika berolahraga, saya selalu memegang prinsip FITT, yaitu Frequency, Intensity, Time, dan Type. Untuk menjaga tubuh yang fit, saya sarankan untuk melakukan latihan kardio sebanyak tiga hingga lima kali, serta dua kali latihan otot dalam satu minggu. Selain itu, penting untuk memerhatikan intensitas dan waktu berlatih agar hasil yang didapatkan optimal,” kata Melanie.

“Untuk olahraga intensitas sedang, kita cukup meluangkan waktu 150 menit per minggu. Sedangkan untuk olahraga intensitas tinggi, kita hanya perlu berlatih selama 75 menit per minggunya,” tambahnya lagi.

Selain berolahraga, Melanie juga menyampaikan pentingnya menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral. 

“Kemampuan untuk mengelola stres merupakan aspek penting dalam mewujudkan tubuh yang sehat. kita harus sadar terhadap tanda-tanda fisik yang berfungsi sebagai pengingat bahwa kita sedang mengalami stres, mulai dari sakit pada kepala, leher, dan pundak, tidak merasa lapar, hingga otot terasa tegang. Untuk mengatasinya, kita dapat melakukan latihan pernapasan, berpikir positif, serta menjaga mood yang baik dalam menjalani aktivitas sehari-hari,” jelas Melanie.

Baca Juga  Hati-Hati! Inilah Bahaya Memakai Softlens Terlalu Lama

Selain itu, Melanie menekankan pentingnya kualitas tidur dalam menjaga pola hidup sehat. Disebutkan setiap orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam waktu tidur yang berkualitas setiap harinya. 

Tidur nyenyak tanpa terganggu perasaan gelisah menjadi penting karena dapat berpengaruh positif untuk aktivitas keesokan harinya. Melanie Putria juga menambahkan bahwa gaya hidup sehat tidak hanya penting untuk meningkatkan produktivitas, tetapi juga memberikan dasar yang kuat bagi kesehatan mental. 

“Dengan badan yang lebih sehat, manfaatnya akan lebih banyak dirasakan. Tidak hanya pada tingkat produktivitas kita sebagai pekerja, tetapi juga keadaan mental yang lebih stabil. Kita jadi lebih bahagia dan memiliki energi lebih banyak untuk menjalani hari,” tutup Melanie.

(TIN)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *