Jokowi dan Pemimpin Arab Ucapkan Belasungkawa Atas Gempa di Maroko

Berita, Teknologi98 Dilihat
New Delhi: Presiden Joko Widodo mengucapkan belasungkawanya atas bencana gempa yang melanda Maroko. Hingga kini, sedikitnya 820 orang tewas dan 672 lainnya terluka akibat gempa.
 
“Saya turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada masyarakat Maroko setelah gempa tragis tersebut,” pernyataan Presiden Joko Widodo melalui platform sosial media X, Sabtu 9 September 2023.
 
“Pikiran dan doa kami bersama para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terkena dampak insiden ini,” imbuh Presiden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Negara-negara Arab juga menunjukkan solidaritas dengan Maroko setelah gempa mematikan itu. Gempa berkekuatan 7,0 mengguncang negara Afrika Utara itu pada Jumat 8 September 2023 malam.
 

 
Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan episentrum gempa berada 75 kilometer  tenggara Marrakesh, pada kedalaman 18,5 km. Sementara menurut Institut Geofisika Nasional Maroko, gempa tersebut merupakan gempa terkuat yang melanda Maroko dalam satu abad terakhir.
 
Mesir menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada Maroko menyusul gempa mematikan tersebut.
 

Warga Maroko melihat kehancuran akibat gempa. Foto: AFP
 

“Mesir menegaskan kembali solidaritasnya yang tak tergoyahkan terhadap Kerajaan Maroko, baik pemerintah maupun rakyatnya, ketika mereka bergulat dengan dampak buruk dari insiden tragis dan menyakitkan ini,” kata Kementerian Luar Negeri Mesir dalam sebuah pernyataan.
 

Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan simpatinya kepada Maroko menyusul gempa tersebut.
 

“Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada saudara saya Raja Mohammed VI dan rakyat Maroko atas gempa bumi dahsyat yang melanda negara ini,” kata Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan dalam sebuah pernyataan.
 

“Kami di UEA mendukung Kerajaan Maroko selama masa sulit ini dan mendoakan pemulihan yang cepat bagi semua yang terkena dampak,” tambah Sheikh Mohamed.
 

Arab Saudi menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Maroko setelah gempa dahsyat tersebut. Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Saudi menyatakan “dukungan dan solidaritas kerajaan dengan Maroko dan saudara-saudaranya dalam penderitaan besar ini.”
 

Qatar menyampaikan belasungkawanya kepada Maroko atas gempa dahsyat tersebut. Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani mengirimkan pesan belasungkawa kepada Raja Maroko Mohammed VI “atas para korban gempa bumi yang melanda beberapa wilayah dan kota di Maroko, berharap mereka yang terluka segera pulih,” kata kantor berita negara QNA.
 

Bahrain juga menyampaikan belasungkawa kepada Maroko atas para korban gempa. Dalam pernyataannya, Kementerian Luar Negeri Bahrain menyatakan “simpati dan solidaritasnya kepada Kerajaan Maroko terhadap para korban gempa yang melanda sejumlah wilayah dan provinsi Maroko, yang mengakibatkan tewas dan luka-luka ratusan orang serta kehancuran besar pada bangunan dan properti.”
 

Jokowi dan Pemimpin Arab Ucapkan Belasungkawa Atas Gempa di Maroko

Kehancuran akibat gempa di Maroko. Foto: AFP
 

Sedangkan Kementerian Luar Negeri Yordania menyampaikan “belasungkawa sedalam-dalamnya dan simpati tulusnya kepada Kerajaan Maroko atas para korban gempa yang terjadi Jumat malam dan mengakibatkan sejumlah korban serta luka-luka.”
 

Perdana Menteri Libya Abdul Hamid Dbeibeh juga menyampaikan belasungkawa kepada Raja Mohammed VI dan rakyat Maroko pasca gempa tersebut.
 

Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Dunia Islam (ICESCO) juga menyampaikan belasungkawa kepada Maroko atas para korban gempa.
 

Dalam sebuah pernyataan, organisasi yang bermarkas di Rabat tersebut menyatakan bahwa mereka menyatakan solidaritasnya dengan Maroko bagi para korban gempa bumi, dan menekankan “kesiapan mereka untuk bekerja sama dengan pihak berwenang Maroko yang kompeten dalam menghadapi kerusakan akibat gempa bumi ini.”
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(FJR)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Gubernur BI Undang Lebih Banyak Pengusaha Tiongkok Terlibat LCS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *