Jelang Hari Kesaktian Pancasila, Nadiem Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Berita, Teknologi814 Dilihat

Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengimbau seluruh pihak mengibarkan bendera setengah tiang jelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Hal itu tertuang dalam Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 Nomor 31328/MPK.F/TU.02.03/2023 yang ditandatangani Mendikbudristek Nadiem Makarim.
 
“Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan RI di luar negeri, satuan pendidikan serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada 30 September 2023 agar mengibarkan bendera setengah tiang,” tulis pengumuman yang dikeluarkan Mendikbudristek Nadiem Makarim dikutip dari laman kemdikbud.go.id, Jumat, 29 September 2023.
 
Sementara itu, pada 1 Oktober 2023 mulai pukul 06.00 setempat mengibarkan bendera satu tiang penuh. Menteri Nadiem bakal menyampaikan pidato Hari Kesaktian Pancasila melalui YouTube Kemendikbud RI.

Aturan pengibaran bendera setengah tiang tercantum dalam Undang-undang RI Nomor 24 Tahun 2009. Pasal 12 ayat 1 menyebutkan Bendera negara dapat digunakan sebagai tanda perdamaian, tanda berkabung, dan atau penutup peti atau usungan jenazah.
 
Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober sangat berkaitan erat dengan peristiwa G30S PKI. Peristiwa ini menewaskan enam jenderal dan kapten yang kemudian dianugerahi gelar pahlawan revolusi dan pahlawan nasional RI.
 
Tragedi ini merupakan sebuah percobaan kudeta untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno dengan mengubah Indonesia sebagai negara komunis. Untuk mengenang peristiwa yang hampir mengancam keberadaan Ideologi bangsa Indonesia, yaitu Pancasila pada masa pemerintahan orde baru dikeluarkan Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966) yang menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.
    

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Info lebih lanjut klik, osc.medcom.id
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Baca Juga  Investor Tunggu Pertemuan OPEC+, Harga Minyak Dunia Memanas

(REN)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *