Jelang Deklarasi Prabowo-Gibran IHSG Ambles 1,32%

Berita, Teknologi653 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Koreksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau makin parah pada perdagangan sesi I Senin (23/10/2023), di mana pada pekan ini investor cenderung wait and see memantau proses pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024. Seperti diketahui, rencananya akan ada deklarasi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Per pukul 09:50 WIB atau 50 menit setelah dibuka, IHSG ambles 1,32% ke posisi 6.758. IHSG pun terkoreksi ke level psikologis 6.700 pada pagi hari ini.

Nilai transaksi indeks pada sesi I hari ini mencapai sekitaran Rp 1,9 triliun dengan melibatkan 6 miliaran saham yang berpindah tangan sebanyak 346.221 kali. Sebanyak 154 saham menguat, 312 saham melemah dan 200 saham stagnan.

Secara sektoral, sektor infrastruktur menjadi pemberat IHSG paling besar yakni mencapai 3,32%.

IHSG kembali merana karena investor sedang memasang mode wait and see sembari memantau proses pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024.

Sebagai informasi ada tiga capres yang akan maju pada Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Kini, ketiga pasangan calon (paslon) sudah memiliki capres dan cawapresnya.

Pada hari pertama pendaftaran capres-cawapres, Kamis pekan lalu, paslon Anies-Muhaimin menjadi yang pertama mendaftarkan di Komis Pemilihan Umum (KPU). Kemudian siang harinya, paslon Ganjar-Mahfud menyusul.

Sedangkan untuk capres Prabowo, hingga hari ini belum mendaftarkan ke KPU. Adapun Prabowo sendiri baru mengumumkan cawapresnya pada hari ini, yakni Gibran Rakabuming Raka, anak pertama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Walikota Solo saat ini.

Baca Juga  Siap-Siap, Beli Asuransi Nanti Pakai AI

Adapun masa pendaftaran capres-cawapres Pemilu 2024 atau Pilpres 2024 akan berlangsung sepekan mulai dari 19 Oktober hingga 25 Oktober.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Terbang di Awal Pandemi, Nasib Saham Masker MEDS Kini Miris

(chd/chd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *