Ini Dia 2 Daerah Pemilik Harta Karun Terbesar RI

Berita, Teknologi509 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia dikenal sebagai negara penuh sumber daya alam. Tak ayal, beberapa tambang sumber daya mineral besar menempatkan cakarnya di tanah air.

Indonesia tercatat sebagai pemilik cadangan terbesar ke-6 di dunia. Meski hanya menduduki posisi 6 dalam cadangan emas, namun Indonesia tercatat sebagai pemilik tambang emas terbesar no.1.

Tambang ini sendiri dimiliki oleh Holding BUMN Pertambangan MIND ID. Adapun anak usaha MIND ID yang bergerak dalam pertambangan emas antara lain ada PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Freeport Indonesia.

Selain Freeport, tambang emas milik Grup Salim dan Medco PT Amman Mineral Internasional (AMMAN) juga memiliki tambang tembaga dan emas terbesar di Indonesia, melalui anak perusahaan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

Bila melihat data tersebut, maka berikut provinsi penghasil emas terbesar di Indonesia:

Papua Tengah

The Grasberg Mine dikenal sebagai salah satu smelter emas terbesar di Indonesia. Smelter ini berlokasi di Mimika, Papua Tengah dan dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia.

Menurut data terkini yang disampaikan oleh Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas, Freeport telah berhasil mencetak produksi emas hingga 881 ribu ons dari target tahun 2023 sebesar 1,8 juta ons.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa pihaknya selama Semester I 2023 dan saat ini terhitung berhasil memproduksi tembaga mencapai 735 juta pon dari target 1,6 miliar pon.

Nusa Tenggara Barat

Salah satu provinsi penghasil emas lainnya adalah Nusa Tenggara Barta, tepatnya di Sumbawa. Di daerah ini, salah satu smelter terbesar milik PT Amman Mineral Tbk (AMMN) berdiri.

Menilik pada situs resminya, PT Amman Mineral memiliki pertambangan yang mengoperasikan 25.000ha tambang tembaga dan emas yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara, Indonesia. Amman saat ini juga mengeksplorasi bagian-bagian lain di wilayah IUPK-nya seperti prospek eksplorasi Elang.

Baca Juga  6 Tas Hermes Istri Benny Tjokro Laku Dilelang Rp606 Juta

Selain melakukan penambangan mineral di Blok Elang, Amman juga melakukan eksplorasi ke Site Batu Hijau, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan melakukan kegiatan pengolahan bijih menjadi konsentrat. Smelter Batu hijau ini memiliki kapasitas 220.000 ton katoda tembaga dan 17,8 ton emas serta 54,7 ton perak.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Tok! Antam Bagi Dividen Rp 1,91 Triliun, Minat?

(ayh/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *