Inflasi, Rupiah Hingga The Fed, Kemana Arah Kebijakan BI?

Berita, Teknologi179 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia- Ekonom Senior, Raden Pardede mengungkapkan sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan Bank Indonesia terkait arah kebijakan moneter saat ini.

Di satu sisi, bank sentral RI akan mencermati kondisi tekanan inflasi utamanya terkait tekanan permintaan dalam negeri dan dampaknya ke pertumbuhan.

Sementara di sisi lain tekanan pasar global terkait kebijakan suku bunga bank sentral global utamanya The Fed yang bisa mendorong terjadinya capital outflow. Selain itu melonjaknya FFR membuat tekanan terhadap Rupiah sehingga akan mempengaruhi arah kebijakan BI.

Saat ini inflasi tidak terlalu mengkhawatirkan BI, namun jika The Fed kembali mengerek suku bunga maka dampaknya akan lebih besar. Diharapkan sejumlah kebijakan terkait Devisa hasil ekspor (DHE) hingga Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) bisa menahan tekanan terhadap Rupiah.

Lalu seperti apa ekonom melihat arah pergerakan Inflasi, Rupiah hingga kebijakan BI di tengah gejolak global? Selengkapnya simak dialog Syarifah Rahma dengan Ekonom Senior, Raden Pardede dalam Squawk Box, CNBC Indonesia (Senin, 02/10/2023)

Saksikan live streaming program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini


Quoted From Many Source

Baca Juga  Prabowo Janji Lanjutkan IKN Jokowi, Saham BUMN Karya Terbang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *