Industrialisasi Pendidikan Tinggi Disebut Menghidupkan Praktik Korupsi

Berita, Teknologi663 Dilihat

Jakarta: Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI), Ubaid Matraji, menyebut kasus korupsi di lingkungan kampus masih menjamur. Hal itu tak lepas dari industrialisasi pendidikan tinggi.
 
“Jelas industrialisasi pendidikan tinggi saat ini menghidupkan praktik koruptif. Kan pemerintah lepas tangan dan kampus di suruh mandiri,” kata Ubaid kepada Medcom.id, Rabu, 11 Oktober 2023.
 
Dia mengungkapkan banyak kampus melakukan jual beli bangku kuliah. Hal itu agar semakin banyak pemasukan bagi perguruan tinggi.

“Dan korupsi pengadaan barang bahkan jasa di perguruan tinggi jadi marak,” ungkap dia.
 
Perguruan tinggi terutama PTN, kata dia, tampaknya sudah mati rasa soal agenda mencerdaskan kehidupan bangsa. PTN saat ini lebih ingin mencari pemasukan sebanyak-banyaknya.
 
“PTN kita berlomba untuk menumpuk cuan dan sayangnya itu by system yang dibuat sendiri oleh pemerintah. Kemendikburistek harus serius atasi masalah ini, janganlah disepelekan karena dampaknya sangat besar,” tegas Ubaid.
    

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Info lebih lanjut klik, osc.medcom.id
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(REN)

Quoted From Many Source

Baca Juga  2 Penyebab Yang Bikin Rupiah Melemah & Yield SBN Sentuh 7%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *