Google Messages Kini Mungkinkan Pengiriman Pesan Suara

Berita, Teknologi548 Dilihat

Jakarta: Google menggulirkan update terbaru untuk aplikasi Messages Wear OS, memungkinkan pengguna untuk merekam dan mendengarkan pesan suara. Fitur ini dinilai merupakan salah satu fungsionalitas yang seharusnya diimplementasikan beberapa waktu lalu.
 
Hal ini karena sebagian besar smartwatch modern telah menggunakan Wear OS dengan pengeras suara dan mikrofon terintegrasi. Mengutip GSM Arena, Google telah memperkenalkan update menarik baru untuk aplikasi karyanya di platform Wear OS.
 
Aplikasi ini kini didukung antarmuka pengguna dengan desain baru untuk menyamai estetika yang diusung Android 14. Setelah mengetuk pesan yang ingin dibalas, pengguna akan disambut oleh tiga ikon, yaitu emoji, keyboard dan mikrofon di bagian tengah.

Mengetuk mikrofon akan memungkinkan pengguna merekam pesan berdurasi selama 59 detik dan mengirimkannya sebagai respon. Hingga saat ini, pengguna hanya akan mengirimkan respon singkat yang telah ditentukan sebelumnya, atau mengalami kesulitan dengan keyboard di layar jam tangan.
 
Sebagai pengingat, WhatsApp memiliki fungsionalitas serupa sejak diperkenalkan pada aplikasi berbasis Wear OS, namun Google mengimplementasikan untuk Message dapat memicu gelombang dari layanan pesan lain melakukan langkah serupa.
 
Sebelumnya, setelah laporan yang beredar pada bulan September lalu mengklaim Gmail akan mendapatkan fitur berupa emoji reaksi, Google akhirnya mengonfirmasi bahwa fitur ini akan tersedia di aplikasi email karyanya pada bulan Oktober ini.
 
Mulai bulan Oktober ini, pengguna akun Gmail personal akan mendapati ikon emoji Smiley muncul di bagian bawah pesan, baik di layanan versi mobile maupun desktop. Dengan versi Gmail terbaru, pengguna akan dapat mengklik ikon emoji Smiley dan memilih emoji dari menu yang ingin dikirimkan, atau pengguna dapat memilih satu emoji jika penerima lain telah merespon dengan emoji yang pengguna sukai.
 
Sementara itu, Telkomsel berkolaborasi bersama Google menghadirkan bundling Play Pass Data Package yang memberikan layanan berlangganan Google Play Pass untuk akses ke ribuan mobile games dan aplikasi unggulan di Google Play Store tanpa iklan dengan tambahan kuota data Telkomsel.
 
Memperkuat peran sebagai digital lifestyle enabler, Telkomsel menjadi operator pertama di Asia Tenggara yang menawarkan layanan paket data dengan langganan Google Play Pass kepada pelanggan.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Baca Juga  Planogram Goes to Mandalika di Bandara Lombok Jadi Wisata Belanja Para Penonton MotoGP Mandalika 2023

(MMI)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *