Garap Tol Cikunir – Ulujami, ADHI Gandeng Duo Raksasa Ini

Berita, Teknologi176 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) menggandeng pihak swasta, yaitu entitas Grup Salim PT Marga Metro Nusantara (MMN) yang merupakan anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) yaitu, dan Grup Astra PT Acset Indonusa Tbk (ACST) mendirikan perusahaan patungan.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) perusahaan patungan bernama PT Jakarta Metro Ekspressway pada tanggal 11 September 2023.

Modal dasar usaha patungan tersebut sebesar Rp 100 miliar dan modal yang telah ditempatkan dan disetor sebesar Rp 26,9 miliar.

Adapun porsi kepemilikan saham dari ketiga perusahaan tersebut diantaranya, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. sebesar 10% dari modal ditempatkan dan modal disetor atau setara dengan Rp 2.690.000.000. Selanjutnya, PT Marga Metro Nusantara sebesar 85% dari modal ditempatkan dan modal disetor atau setara dengan Rp 22.865.000.000.

Sementara PT Acset Indonusa Tbk. sebesar 5% dari modal ditempatkan dan modal disetor atau setara dengan Rp1.345.000.000.

Maksud dan tujuan dibentuknya PT Jakarta Metro Ekspressway adalah melaksanakan pengusahaan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Cikunir – Ulujami Elevated sepanjang 21,5 km, dengan nilai investasi Rp 21,26 triliun.

Hal itu meliputi pendanaan, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol.

“Hal tersebut telah sesuai dengan Pasal 3 Akta Pendirian PT Jakarta Metro Ekspressway,” sebut manajemen, Kamis (14/9).

Penyertaan saham Perseroan PT Jakarta Metro Ekspressway akan dicatat dalam buku Perseroan sebagai penyertaan dalam perusahaan asosiasi.

Pembentukan usaha patungan ini turut menunjang kegiatan usaha perseroan dimana perseroan akan memperoleh capital gain dari penyertaan tersebut sehingga akan memperkuat keuangan perseroan.

Baca Juga  Dibayar Jokowi, Utang Luar Negeri Turun Jadi US$ 398 M di April 2024

“Tidak ada dampak hukum dan tidak akan mempengaruhi kelangsungan usaha Perseroan,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Komisaris Hironimus Borong Saham ADHI 5.000 Lembar

(rob/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *