ETF Dapat Lampu Hijau dari SEC, Pasar Kripto Pesta Pora

Berita, Teknologi122 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Pasar kripto serentak menguat dalam 24 jam disaat Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) mulai memberikan lampu hijau perihal ETF.

Merujuk dari CoinMarketCap pada Jumat (29/9/2023) pukul 06.42 WIB, pasar kripto berpesta pora. Bitcoin naik 2,58% ke US$27.033,75 dan secara mingguan menguat 1,77%.

Ethereum naik 3,51% dalam 24 jam terakhir dan dalam tujuh hari terapresiasi 4,33%.

XRP juga menguat 1,76% secara harian dan secara mingguan naik tipis 0,38%.

Sementara Solana terbang 4,28% dalam 24 jam terakhir dan secara mingguan berada di zona positif 2,18%.



CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital naik 2,91% ke angka 1.132,30. Open interest terapresiasi 4,57% di angka US$24,94 miliar.

Sementara dilansir dari Alternative.me, bitcoin fear & greed index tercatat berada di posisi 46 yang mana merupakan kategori fear atau lebih tinggi sedikit dibandingkan hari kemarin (28/9/2023) yang berada di angka 44 dengan kategori fear juga.

Sedangkan fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 39 yang menunjukkan bahwa pasar masih cukup pesimis (fear) dengan kondisi pasar kripto saat ini.

Dilansir dari coindesk.com, Analis Bloomberg Eric Balchunas mengatakan dalam postingan X bahwa SEC dilaporkan meminta pelapor ETF untuk memperbarui permohonan mereka agar dapat menyetujui dan memulai perdagangan minggu depan karena akan terjadi penutupan pemerintah.

Selain itu, VanEck, perusahaan manajemen aset senilai US$77,8 miliar, sedang bersiap untuk meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa berjangka (ETF) Ethereum.

VanEck Ethereum Strategy ETF (EFUT), akan berinvestasi dalam kontrak berjangka ETH standar dan diselesaikan secara tunai yang diperdagangkan di bursa komoditas yang terdaftar di Commodity Futures Trading Commission (CFTC), kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

Baca Juga  Kepala Bappenas Dorong Kolaborasi dalam Penggunaan Data

ETF tersebut akan terdaftar di CBOE dan akan bergabung dengan produk ETF berjangka manajer aset lainnya, VanEck Bitcoin Strategy ETF (XBTF), kata pernyataan itu.

Dengan adanya VanEck dalam ETF ETH futures, maka semakin bertambah pengajuan perihal ETF ini yang sudah diajukan antara lain dari Grayscale, ProShares, dan Bitwise.

CNBC INDONESIA RESEARCH

[email protected]

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Pesta Pora Kripto Gak Tahan Lama, Hari Ini Ambruk Berjamaah

(rev/rev)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *