Emiten Bakrie (DEWA) Bayar Rp913,40 M Utang Pakai Saham

Berita, Teknologi17 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten tambang Grup Bakrie PT Darma Henwa Tbk. (DEWA) berencana melakukan penerbitan sebanyak 18.268.115.520 Saham Biasa Seri B tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Harga pelaksanaan dari private placement ini adalah Rp50 per saham, sehingga nilai seluruhnya adalah Rp913,40 miliar.

Mengutip keterbukaan informasi, penerbitan saham biasa Seri B ini berasal dari konversi utang sebesar Rp554,48 miliar terhadap PT Madhani Talatah Nusantara (MTN) dan sebesar Rp358,92 miliar kepada PT Andhesti Tungkas Pratama (ATP).

“Pemberi Pinjaman telah menyetujui untuk menerima penyelesaian atas kewajiban Perseroan tersebut dengan menerima saham seri B yang memiliki nilai nominal Rp.50,00 (lima puluh Rupiah) per saham dalam Rencana Transaksi dengan jumlah saham setara dengan nilai ekuivalen pinjaman dalam mata uang Rupiah dibagi dengan harga pelaksanaan dalam Rencana Transaksi,” kata Direksi DEWA dalam keterbukaan informasi yang dikutip Selasa (7/11/2023).

Mereka menyatakan bahwa saham yang diterbitkan dalam private placement ini akan digunakan seluruhnya untuk melakukan penyelesaian kewajiban DEWA kepada MTN dan ATP.

Pelaksanaan Rencana Transaksi ini akan menyebabkan penurunan Total Liabilitas DEWA sebesar Rp913,40 miliar. Lantas, berdasarkan posisi Laporan Keuangan per 30 Juni 2023, Total Liabilitas sebesar Rp5,04 triliun akan turun menjadi sebesar Rp4,13 triliun setelah private placement.

Selain itu, rencana ini juga akan menyebabkan peningkatan ekuitas yang berasal dari tambahan modal disetor. Sebagai hasil pelaksanaan Rencana Transaksi, ekuitas berdasarkan Laporan Keuangan Interim Konsolidasi per 30 Juni 2023 akan mengalami peningkatan sebesar Rp913,40 miliar menjadi sebesar Rp4,14 triliun.

“Dengan peningkatan ekuitas Perseroan, rasio kewajiban terhadap ekuitas (debt-to-equity ratio – DER) Perseroan akan membaik dimana DER per 30 Juni 2023 yang sebelumnya 1,56x menjadi 1,00x,” jelas Direksi.

Baca Juga  Pergerakan Rupiah Sepekan, Saatnya Beli Dolar atau Jual?

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Presdir & Wapresdir DEWA Resign, Sahamnya Kok Ngegas 26%?

(Z/ayh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *