Dorong EBT, WIKA Beton Mulai Pasang PLTS Atap di Dua Pabrik

Berita, Teknologi42 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON) mulai memproses pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap sebagai bukti komitmen pada preservasi lingkungan terutama di bidang green energy.

Untuk usaha itu, tahun ini WIKA Beton akan memiliki dua pabrik yang beroperasi menggunakan energi listrik dari PLTS, yakni di Bogor dan Majalengka, Jawa Barat. WIKA Beton menggandeng PT Agra Surya Energy sebagai penyedia layanan untuk mengeksekusi rencana penggunaan energi terbarukan dari matahari pada proses produksi beton pracetak ini.

Solar panel tersebut akan dipasang di atap jalur produksi utama dan digunakan untuk kegiatan utama pabrik dengan total daya listrik yang dihasilkan mencapai 682 kWP. Dari segi lingkungan, pengoperasian PLTS di dua pabrik ini mampu mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) hingga 532.812 kg per tahun.

“Tak hanya itu, konsumsi energi listrik dari PLN pun dapat dihemat hingga 15%. Ke depan, WIKA Beton akan secara bertahap menambah jumlah pabrik yang menggunakan PLTS,” ungkap manajemen perseroan dalam keterangan resmi, Kamis (5/10/2023).

Pemasangan PLTS ini merupakan salah satu bagian dari program dekarbonisasi yang digalakkan di lingkungan WIKA Grup sebagai penyelarasan program Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian.

Di antara langkahnya adalah pengurangan emisi CO2 dari sumber energi dan mengganti sistem yang bergantung pada bahan bakar fosil dengan sumber daya rendah karbon seperti energi terbarukan, termasuk PLTS.

Terkait inisiatif hijau ini, WIKA Beton telah melaksanakan berbagai program seperti menggunakan solar cell untuk tenaga listrik lampu di seluruh jalan area pabrik dan area stockyard sejak tahun 2022. WIKA Beton juga konsisten memanfaatkan olahan air limbah produksi serta menggunakan limbah fly ash sebagai campuran beton untuk mengurangi pemakaian semen.

Baca Juga  Pj. Bupati Banyuasin Hani S Rustam Mendadak Tinjau Pelayanan Kecamatan Banyuasin 1 – Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Banyuasin

WIKA Beton selalu menerapkan prinsip keberlanjutan dalam setiap lini operasi bisnis. Dengan semangat keberlanjutan, WIKA Beton ingin terus tumbuh, berkembang, dan memberi nilai kepada seluruh pemangku kepentingan, tak hanya saat ini, namun juga bagi generasi yang akan datang.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


WIKA Kantongi Kontrak Baru Rp 8,76 T, Garap Proyek Apa Saja?

(dpu/dpu)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *