Dana Indoensiana Akan Naik Jadi Rp7 Triliun di 2024

Berita, Teknologi150 Dilihat

Jakarta: Dana abadi kebudayaan yang juga dikenal dengan Dana Indonesia sangat diperlukan dalam pengembangan dan pemajuan kebudayaan. Dana abadi dapat dimanfaatkan untuk menyokong aksi pemajuan kebudayaan bagi pelaku seni hingga stakeholders kebudayaan di daerah.
 
Upaya peningkatan dana abadi kebudayaan terus dilakukan. Tahun depan, Kemendikbudristek mengupayakan dana abadi kebudayaan bisa mencapai Rp7 triliun.
 
“Dana abadi di kebudayaan 2024 akan naik di Rp7 trilun. Jadi, itu saya kira peningkatan yang sangat signifikan. Tergantung ya nanti kebijakannya bagaimana apakah terus bertambah,” kata Dirjen Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid, di Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.

Hilmar mengatakan tantangan terberatnya bukan hanya bagaimana meningkatkan jumlah dana abadi kebudayaan. Tetapi, tata kelola Dana Indonesiana agar tersalurkan.
 
“Tapi di tata kelola gimana agar orang bisa mudah mengakses kemudian variasi dari kegiatan-kegiatan yang masih bisa diperluas,” beber dia.
 
Hilmar mengungkapkan permintaan akses dana abadi kebudayaan cukup besar. Setidaknya, saat ini pihaknya menampung 5.000 proposal aksi kebudayaan.
 
“Dan tentu ada yang merasa, kami kok enggak bisa akses dan seterusnya. Jadi, soal-soal itu kita bicarakan sehingga nanti kalau ada kemungkinan menyentuh dana abadi di tingkat daerah itu langsung bisa membagi kerja gitu ya, jadi untuk kegiatan-kegiatan yang katakanlah sangat lokal sifatnya bisa diselesaikan di tingkat lokal,” tutur Hilmar.
    

Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Info lebih lanjut klik, osc.medcom.id.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Baca Juga  Terdampak Kenaikan BI Rate, Bisnis Sektor Ini Wajib Waspada!

(REN)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *