[Cek Fakta] Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Pranowo? Ini Faktanya

Berita, Teknologi596 Dilihat
Nama Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD belakangan menguat sebagai salah satu kandidat calon wakil presiden Ganjar Pranowo.
 
Hal ini menyusul beredarnya video di media sosial dengan narasi penetapan Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo yang diunggah akun facebook Joyoboyo.
 
“Selamat Ganjar-Mahfud akhirnya PDIP resmi tetapkan pasangan ini maju di 2024,” demikian judul video yang dibumbui dengan ulasan Breaking News di atas judul berita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Pranowo? Ini Faktanya

Penelusuran

Dari hasil penelusuran, video tersebut sama sekali tidak menampilkan pengumuman ataupun penetapan cawapres oleh PDIP.
Namun video berdurasi 10 menit itu hanya merangkum kemungkinan ataupun peluang Mahfud MD untuk mendampingi Ganjar Pranowo.
 
Dalam video itu ditampilkan beberapa potongan wawancara Mahfud MD soal peluang dirinya maju di Pilpres mendampingi Ganjar. Selain itu, ditampilkan juga beberapa potongan wawancara pengamat terkait potensi Mahfud MD untuk menjadi cawapres Ganjar Pranowo.
 
“Keputusan itu ada di pimpinan partai dan pimpinan partai sudah punya pertimbangan-pertimbangan, ukuran-ukuran sendiri. Kita tahu (pilihan cawapres) ditentukan oleh koalisi PDIP yang dipimpin oleh Megawati,” ujar Mahfud MD.

Kesimpulan

Klaim video yang menampilkan narasi; “Selamat buat Ganjar-Mahfud, tiket cawapres diberikan, PDIP resmi tetapkan pasangan Ganjar-Mahfud” tidak benar. Mahfud mungkin saja bisa didapuk PDIP, namun hal itu belum terjadi dan narasi yang ditempel di video tersebut sama sekali tidak berdasarkan fakta.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar Pranowo? Ini Faktanya
 

Referensi:

https://www.medcom.id/pemilu/news-pemilu/akW1DAdN-mahfud-tegaskan-belum-ada-deal-sebagai-cawapres-ganjar
 

 

(PRI)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Eks Panglima TNI Era Jokowi, Ini Uang Pensiun Andika Perkasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *