Cara Menentukan Watt Lampu Berdasarkan Luas Ruangan

Berita, Teknologi440 Dilihat
Jakarta: Menyesuaikan watt lampu dengan luas ruangan adalah hal penting untuk menciptakan suasana ruangan nyaman dan efisien. Watt adalah jumlah listrik yang dikonsumsi lampu untuk kecerahan tertentu.
 
Ketepatan watt lampu bisa mempengaruhi kenyamanan visual, efisiensi energi, dan fungsi ruang. Manfaatnya, anda dapat mengoptimalkan cahaya agar tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Sehingga produktivitas anda akan tetap meningkat.

Menentukan jumlah lumen


Lumen adalah satuan unit yang digunakan untuk mengukur cahaya yang dipancarkan oleh sumber cahaya. Menghitung lumen dan watt diperlukan untuk mengatur lampu agar tidak terlalu redup atau terang. Berikut cara menghitung lumen:

Luas ruangan dikalikan dengan Lux

Langkah pertama adalah mengukur panjang dan lebar ruangan dengan menggunakan meteran. Kemudian menentukan lux. Dikutip dari berbagai sumber, Lux adalah seberapa cerah atau terang suatu pencahayaan terhadap objek.
 

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), berdasarkan jenis kegiatannya jumlah lux sudah ditentukan. Seperti ruang kerja yang masuk dalam kategori kegiatan membutuhkan ketelitian, maka lux di ruangan tersebut harus mencapai 300 lux.

Rumus lumen:

Total Lumen = total lux dikali panjang ruangan dikali lebar ruangan.
 
Misalnya anda ingin menghitung berapa titik lampu untuk ruang kantor dengan ukuran 5 x 6 meter dengan kisaran 300 lux

Total lumen = 300 lux X 5m X 6m = 9000 lumen

Menentukan watt dan jenis lampunya

Ada beberapa jenis lampu yang umum digunakan dalam berbagai ruangan, dilansir dari storybox.karmanitalia.
 
1. Lampu LED: Biasanya digunakan untuk berbagai kebutuhan ruang dengan variasi watt yang lebar, mulai dari 4 hingga 22 watt. Tersedia dalam berbagai kehangatan warna.
 
2. Lampu Fluoresen: Untuk ruang yang lebih besar, umumnya memiliki watt yang berkisar antara 18 hingga 40 watt. Cocok untuk dapur, kantor, atau ruang kerja.
 
3. Lampu Incandescent: Meskipun banyak digantikan oleh LED, watt umumnya berkisar antara 40 hingga 100 watt, tergantung pada jenis dan ukuran ruangan. Cocok untuk area-tempat kerja dan ruang tamu.
 
4. Lampu Halogen: Watt bervariasi antara 20 hingga 80 watt. Biasa digunakan untuk tugas khusus atau penerangan dekoratif. (Atika Pusagawanti)

Baca Juga  Rupiah Akhirnya Menguat, Dolar Tinggalkan Rp16.200

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(KIE)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *