Bom Bunuh Diri Guncang Pakistan, 40 Orang Tewas

Berita, Teknologi706 Dilihat

Jakarta: Sedikitnya 40 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat serangan bom bunuh diri yang menargetkan prosesi perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Provinsi Balochistan, Pakistan, Jumat, 29 September 2023.

“Serangan bom bunuh diri kedua yang dilakukan dua pria di sebuah masjid ratusan kilometer sebelah utara Provinsi Khyber Pakhtunkhwa menyebabkan atap runtuh dan menewaskan empat orang,” kata para pejabat.

Meskipun perayaan Maulid Nabi diterima oleh mayoritas sekte Islam di Pakistan, beberapa aliran tertentu memandangnya sebagai perayaan yang tidak beralasan.

Di Balochistan barat daya, para pejabat mengatakan seorang pembom bunuh diri meledakkan bom ketika demonstrasi dari masjid-masjid berkumpul di titik pertemuan di Mastung, sekitar 40 kilometer (25 mil) selatan ibukota provinsi, Quetta.

“Tiba-tiba saya mendengar ledakan… banyak orang terluka dan banyak yang menjadi syahid,” kata Ilyas Khan, seorang pelajar.

Rumah sakit setempat kewalahan dengan jumlah korban luka, dan pemerintah provinsi menggunakan platform media sosial untuk meminta donor darah.

“Sedikitnya 45 korban jiwa telah dikonfirmasi, dan 70 orang menderita luka-luka dalam ledakan tersebut,” Zubair Jamali, menteri dalam negeri provinsi tersebut, mengatakan kepada AFP.

Seorang petugas polisi distrik memberikan jumlah korban yang sedikit lebih rendah.

“Saya dapat memastikan bahwa jumlah korban tewas saat ini telah meningkat menjadi minimal 42 orang, dan lebih dari 65 lainnya terluka,” kata Shoaib Masood kepada AFP. AFP PHOTO

(WWD)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Ini Langkah BRI Life Sambut Kehadiran Lembaga Penjamin Polis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *