Bisnis Konsep Kemitraan Bantu Pelaku Industri Kecil untuk Tumbuh Bersama

Berita, Teknologi465 Dilihat

Jakarta: PT Agrinesia Raya (Agrinesia) berbagi pandangan dan pengalaman terkait optimasi implementasi Creating Shared Value (CSV) terhadap strategi bisnis perusahaan. Salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan adalah bisnis konsep kemitraan.
 
Human Capital Director Agrinesia Firman Oktoraya mengatakan PT Agrinesia Raya mendukung mitra agar tumbuh dan berkembang bersama. Saat ini produk dari Agrinesia seperti Lapis Bogor Sangkuriang hingga Bakpia Kukus Tugu Jogja sudah ada di banyak mitra bisnis.
 
“Mitra Agrinesia merupakan pelaku industri kecil yang memulai usahanya bersama dengan Agrinesia. Agrinesia selalu men-support seluruh proses bisnis yang dilakukan oleh mitra. Alhamdulillah saat ini, sudah lebih dari 400 toko mitra, tumbuh dan berkembang bersama Agrinesia,” kata Firman dalam gelaran CSV Connect, dilansir, Kamis, 14 September 2023.

Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Firman menyebut, perusahaan juga menggandeng ratusan UMKM untuk dapat memperluas pasarnya melalui Agrinesia. “Saat ini, kami juga telah menggandeng lebih dari 700 UMKM untuk menjual produknya di toko kami dengan tidak merubah merek dagang, tidak mengambil listing fee serta pemberian proporsi rak yang seimbang dengan produk Agrinesia,” lanjut Firman.
 
Selain itu, perusahaan juga berkomitmen untuk menerapkan konsep bisnis berkelanjutan menggunakan 3P yakni People, Planet dan Profit dengan energi terbarukan melalui pengimplementasian panel tenaga surya dan kantong belanja yang ramah lingkungan pada setiap produk Agrinesia. 
 

 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Mobilisasi Sumber Daya Dompet Dhuafa Etika Setiawanti menuturkan, CSR tradisional hanya fokus pada reputasi perusahaan saja, sedangkan CSV turut berusaha untuk meningkatkan persaingan bisnis dengan menciptakan nilai sosial.
 
“CSV juga menjadi strategi korporasi tidak hanya dilakukan oleh satu unit departemen saja, tetapi menjadi model strategis yang dilakukan oleh para pemangku kepentingan di lembaga atau institusi,” ujar Etika.
 
Hal ini yang menjadikan PT Agrinesia Raya berupaya untuk tidak hanya fokus pada profit namun selalu menjalankan CSV sesuai dengan visi perusahaan yakni memberikan kebahagiaan di setiap momen kehidupan. 
 
“Beberapa program pemberdayaan masyarakat juga telah kami lakukan bersama dengan Dompet Dhuafa seperti Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu, Berbagi dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, hingga berbagi pada saat bencana alam terjadi,” ujar Firman.
 
Kedepannya, Agrinesia akan terus melakukan CSV melalui berbagai pengembangan-pengembangan dengan melibatkan berbagai stakeholder perusahaan. Ia menegaskan, Agrinesia sadar bahwa CSV merupakan tonggak yang penting bagi perusahaan.
 
“Kedepannya kami akan melakukan berbagai program dan inisiasi seperti penggandaan bisnis dan perluasan area dengan turut menggandeng UMKM juga melibatkan karyawan untuk membuat dampak yang lebih luas lagi bagi Indonesia,” ungkapnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(END)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Hari Ini Cum Date Dividen Interim TUGU, Sahamnya Malah Loyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *