Bingung Soal Tren Pasar Modal, Kinerja Indeks Dapat Membantu

Berita, Teknologi28 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks yang merupakan pengelompokan berdasarkan sejumlah kriteria yang telah ditentukan dapat menjadi acuan investasi di pasar modal. Misalnya saja, indeks S&P, Indeks Nasdaq 100, Russell3000 di pasar ekuitas global hingga IHSG dan LQ45 di dalam negeri.

Indeks-indeks tersebut dapat dijadikan oleh investor sebagai acuan dalam berinvestasi di pasar saham. Masing-masing indeks tersebut tentunya memiliki perbedaan dalam pengelompokan saham-saham.

Indeks-indeks tersebut dapat dijadikan patokan bagi para investor. Tentunya, masing-masing indeks menawarkan data bukan hanya sebagai referensi melainkan untuk mengetahui tren yang sedang terjadi.

Untuk mengetahui tren yang sebenarnya terjadi, dilihat dari kinerja perusahaan-perusahaan terbesar, terutama perusahaan-perusahaan berkapitalisasi besar.

Hal tersebut dapat dibandingkan dengan indeks-indeks lain yang memiliki eksposur sektor dan kapitalisasi pasar yang lebih beragam.

Misalnya saja, Nasdaq100 yang membuat level tertinggi baru sepanjang masa dibandingkan dengan Indeks Russell3000 meskipun cakupannya lebih luas.

Terdapat kekurangan dan kelebihan dari kedua indeks tersebut

Seperti diketahui, bahwa Russell3000 mencakup semua saham berkapitalisasi besar dan kecil, yaitu saham-saham kapitalisasi kecil dalam Russell2000 dan saham berkapitalisasi besar dalam Russell1000.

Namun, bicara soal Russell3000, indeks tersebut memiliki setengah eksposur ke Teknologi yang dimiliki Nasdaq100, setengah eksposur ke Komunikasi dan 2x lipat bobot untuk Industri.

Sementara itu, Nasdaq100 tidak memiliki pengelompokan pada saham energi, keuangan, real estate, dan material.

Karena hal tersebut, Nasdaq100 tidak mencerminkan kinerja pasar saham yang lebih luas. Indeks ini adalah satu indeks yang terdiri dari sekelompok saham yang sangat spesifik, baik dari segi sektor maupun kapitalisasi pasar. Sementara pergerakan indeks Russell3000 memberikan gambar yang lebih utuh terkait perkembangan pasar ekuitas secara umum. 

Baca Juga  Kisah Sukses Haji Isam dari Supir Truk Hingga Jadi Crazy Rich

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


IHSG Terkapar, Pemerintah Berencana Buat Indeks Nikel

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *