Bantuan PSU Bikin Rumah Bersubsidi Makin Diminati Masyarakat

Berita, Teknologi630 Dilihat

Riau: Pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di daerah membuat masyarakat kini semakin berminat untuk membeli dan tinggal di perumahan bersubsidi. Bantuan PSU berupa jalan lingkungan yang baik dan berkualitas selain mempermudah akses dan mobilitas masyarakat juga mampu membuat mereka lebih nyaman tinggal di rumah bersubsidi.
 
Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan pemerintah akan terus hadir dan membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar bisa tinggal di rumah yang layak huni. Dirinya berharap pembangunan PSU membuat rumah bersubsidi semakin berkualitas dan tidak kalah dengan rumah-rumah komersial lainnya. 
 
“Adanya PSU ini membuat rumah bersubsidi menjadi lebih berkualitas dan menjadi pilihan masyarakat untuk dapat memiliki hunian layak. Kami juga berharap pengembang perumahan bisa membangun rumah bersubsidi yang baik,”kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu, 11 Oktober 2023.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III Direktorat Jenderal Perumahan Zubaidi menjelaskan sesuai arahan Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengembang perumahan untuk mendorong pembangunan PSU.
 
Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan dan Penyediaan Rumah Khusus, Bantuan Pembangunan PSU adalah bantuan pembangunan berupa penyediaan komponen prasarana, sarana, dan utilitas umum perumahan untuk meningkatkan perumahan yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah. 
 

“Kami telah melakukan betonisasi jalan lingkungan untuk 120 unit rumah di perumahan bersubsidi Berkah Family Village. PSU dibangun di enam ruas jalan dengan spesifikasi lebar 4 meter sepanjang 540 meter. Kami harap kegiatan pembangunan PSU ini dapat membuat masyarakat merasa nyaman tinggal di rumah bersubsidi,” jelas dia.
 
Direktur Utama PT Andika Berkah Abadi selaku pengembang Perumahan Berkah Family Village, Irwan Faizal menjelaskan setelah mendapatkan bantuan PSU,  perumahan bersubsidi yang dibangun di Jalan Teropong, Dusun Empat Kasang Kulim, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau kini lebih baik dan banyak diminati oleh masyarakat. 
 
Saat ini, sebanyak 402 unit rumah bersubsidi di perumahan tersebut yang memiliki tipe 36 dengan luas lahan 9 x 12 meter sudah ludes terjual dan laku keras. Sebagian besar masyarakat bahkan sudah mengantre untuk membeli rumah bersubsidi di Kabupaten Kampar karena melihat saat ini jalan lingkungannya sudah bagus karena dapat bantuan PSU.
 
Lebih lanjut, Irwan juga akan mengajukan permohonan bantuan PSU untuk dua perumahan lainnya yang sedang dikerjakan pihaknya yakni  Perumahan Griya Berkah Pelangi 2 di Desa Kualu dan Perumahan Andika Berkah Residnece 4 di Desa Pandu di wilayah kabupaten yang sama.
 
“Kami sebagai pengembang perumahan bersubsidi di Kabupaten Kampar, Riau berterimakasih atas bantuan PSU dari Kementerian PUPR. Proses pengajuan bantuan juga mudah dan transparan serta pengerjaan di lapangan benar-benar bagus bahkan jalan lingkunganya di cor beton setebal 20 cm dan selalu dimonitoring pegawai dari Kementerian PUPR,” ujar dia.
 
Salah seorang warga Perumahan Bersubsidi Berkah Family Village di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Desrima (34 tahun) mengatakan sebelum mendapatkan bantuan PSU dari pemerintah, jalan lingkungan di kompleks perumahannya hanya berupa tanah yang licin dan becek saat hujan dan berdebu saat musim panas. Selain itu, jalanan yang berlubang dan hanya di urug batu membuat masyarakat yang melintas harus berhati-hati saat berkendara.
 
“Kami sangat senang pemerintah membangun jalan lingkungan di perumahan bersubsidi ini. Sekarang jalanan depan rumah kami bagus dan kuat karena di cor beton jadi lebih mudah saat keluar masuk komplek perumahan,”ujar dia.

Baca Juga  IHSG Masih Loyo, 3 Saham Ini Menarik Dicermati

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(KIE)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *