Anies-Muhaimin Diprediksi Jadi Kejutan di Jatim

Berita, Teknologi615 Dilihat

Surabaya: Pasangan bacapres/bacawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bakal menjadi kuda hitam di Jawa Timur pada Pilpres 2024 mendatang. Ini jika Pilpres digelar dalam dua putaran.

“Jika Pilpres digelar dua putaran, pasangan Anies-Muhaimin bisa menjadi kuda hitam di Jatim,” kata Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt, saat merilis hasil survei Pilpres 2024, Rabu, 1 November 2023.

Jika disimulasikan antara Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin di Jatim, lanjut Baihaki, pasangan Ganjar-Mahfud 42,9 persen, unggul tipis dari Anies-Muhaimin 40,2 persen. Sedangkan 16,9 persen menjawab tidak tahu/tidak menjawab.

 

Lalu Prabowo-Gibran 53,7 persen, unggul dari Anies-Muhaimin 37,5 persen dan 8,8 persen tak menjawab atau tidak tahu. Meski demikian, kata Baihaki, posisi Anies-Muhaimin tetap bisa menjadi kuda hitam di Jatim.

Sebab, kata dia, Jatim merupakan basis Nahdliyin sebesar 74,3 persen, 16,7 persen Muhammadiyah, LDII/AL-Irsyad/Persis 3,9 persen, dan organisasi kristen dan lainnya 5,1 persen.

“Biar bagaimanapun, suara NU di Jatim dominan. Sehingga Anies-Muhaimin tetap menjadi kuda hitam,” katanya.

Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

((WHS))

Quoted From Many Source

Baca Juga  Mari Memilah Sampah dan Membuang Sampah Pada Tempatnya – Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Banyuasin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *