Alasan Morgan Stanley Turunkan Peringkat Saham RI Jadi Underweight

Berita, Teknologi36 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Bank investasi dan jasa keuangan global Morgan Stanley telah menurunkan peringkat pasar saham RI menjadi “underweight.” Artinya, alokasi perusahaan Indonesia dalam portofolio pasar Asia dan negara berkembang milik mereka akan dikurangi.

Hal itu didasari oleh sejumlah alasan. Seperti tren pelemahan rupiah dan beban fiskal yang menantang jelang pelantikan presiden terpilih RI 2024-2029 Prabowo Subianto.

“Kami melihat ketidakpastian jangka pendek mengenai arah kebijakan fiskal di masa depan serta beberapa tekanan di pasar Valas di tengah masih tingginya suku bunga AS dan prospek dolar AS yang kuat,” tulis ahli strategi Morgan Stanley dalam catatannya kepada klien tanggal 10 Juni.

Menurut mereka, program kerja Prabowo Subianto dapat menjadi tantangan tersendiri dalam investasi di pasar modal RI. Janji kampanye Prabowo Subianto seperti program makan siang dan susu gratis untuk pelajar dinilai dapat menimbulkan “beban fiskal yang besar.” Morgan Stanley melanjutkan, hal tersebut semakin diperparah oleh prospek pendapatan Indonesia juga memburuk.

Perubahan sikap Morgan Stanley terjadi ketika dolar mulai menunjukkan tren penguatan jelang keputusan suku bunga bank sentral AS Federal Reserve pada hari Rabu lalu dan keputusan Bank Indonesia pada pekan depan.

Hingga perdagangan sesi I Kamis (13/6/2024), IHSG telah terkoreksi 5,71% sejak awal tahun, ambles ke 6.857,27.

Pelemahan IHSG sendiri terjadi seiring ambruknya saham bank raksasa dan emiten blue chip lainnya yang kondisinya diperparah oleh keluarnya dana asing (outflow) dari pasar modal RI.

Sementara itu, merespons penurunan peringkat saham RI, ETF saham-saham RI yang dikelola oleh BlackRock yakni iShares MSCI Indonesia turun 5% lebih usai peringkat diturunkan. Sementara itu ETF tersebut tercatat telah ambles nyaris 15% sejak awal tahun 2024.

Baca Juga  7 BUMN Sudah Dibubarkan, Begini Nasib 15 BUMN Sakit Lainnya

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Dituding Pompa Saham Gamestop, Morgan Stanley Mau Blokir Keith Gill

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *