5 Cara Belajar Cocok untuk Kamu si Anak Teknik

Berita, Teknologi551 Dilihat

?Jakarta:  Jurusan teknik menjadi salah satu program studi yang bergengsi di perguruan tinggi. Tidak hanya karena kompetisi untuk masuk di jurusan ini yang ketat dan mencantumkan sejumlah persyaratan yang tinggi, namun juga perkuliahan yang tidak mudah.
 
Untuk itu, belajar di jurusan teknik membutuhkan komitmen dan pendekatan belajar yang menuntut efektivitas.  Pasalnya, dalam perkuliahan di jurusan teknik memiliki tuntutan akademik dan beban belajar yang besar serta tantangan yang tidak sedikit.  
 
Nah, artikel yang dikutip dari laman Telkom University kali ini akan menunjukkan sejumlah metode belajar yang dapat mendukung Sobat Medcom optimal saat kuliah di jurusan teknik.

5 metode belajar buat mahasiswa jurusan Teknik:

1. Teknik Pomodoro 

Teknik Pomodoro adalah metode belajar yang membagi waktu menjadi siklus fokus dan istirahat. Setiap siklus berlangsung selama 25 menit, diikuti oleh istirahat singkat selama 5 menit. Setelah 4 siklus terlewati, kamu bisa beristirahat lebih lama sekitar 15-30 menit. 

Metode belajar ini cocok banget bagi Sobat Medcom yang memiliki banyak tugas namun merasa kekurangan waktu.  Metode Pomodoro juga membantu meningkatkan produktivitas dengan memaksimalkan fokus selama periode waktu singkat, diikuti dengan waktu istirahat untuk mencegah kelelahan dan menjaga konsentrasi. 

2. Teknik Feynman 

Teknik Feynman adalah metode belajar dengan prinsip menjelaskan konsep kompleks seperti sedang mengajarkannya kepada orang lain. Teknik ini menitikberatkan pada bagaimana menyampaikan materi secara sederhana.
 
Sobat Medcom perlu mengidentifikasi area yang tidak dimengerti, lalu kembali ke sumber materi, mempelajarinya lagi, dan menjelaskan dengan lebih sederhana. Proses penyederhanaan dan penjelasan diulangi lagi hingga kamu dapat menjelaskan konsep secara lancar.  

3. Teknik Eat the Frog  

Metode “Eat the Frog” adalah pendekatan manajemen waktu yang mendorong untuk menyelesaikan tugas yang paling sulit atau tidak disukai terlebih dahulu dalam sehari. Analoginya, jika pekerjaan sulitmu adalah “memakan kodok,” maka selesaikan tugas tersebut terlebih dahulu.
 
Ini membantu menghilangkan rasa enggan dan memberi dorongan motivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas berikutnya. Pemilihan dan penyelesaian “kodok” menjadi kunci utama dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi belajar atau bekerja. 

Baca Juga  BI 'Pede' Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal IV Tetap 'Oke'

4. Teknik Mencatat Cornell  

Teknik Cornell adalah metode efektif untuk mencatat selama pembelajaran. Metode pencatatan ini dilakukan dengan membagi kertas menjadi tiga bagian, bagian kiri untuk judul dan kata kunci, bagian tengah untuk mencatat informasi utama, dan bagian kanan untuk merangkum materi.
 
Metode ini dapat membantu Sobat Medcom untuk merapikan dan menyusun informasi dengan jelas, memudahkan tinjauan materi, serta mendapatkan pemahaman yang lebih baik. 

5. Teknik Membaca SQ3R 

Teknik membaca SQ3R adalah metode membaca dan memahami teks secara efektif yang terdiri dari lima langkah, yakni Survei (pengamatan cepat), Question (pertanyaan), Read (baca), Recite (ulangi), dan Review (tinjau).  Jika sebelumnya membaca buku merupakan aktivitas yang membosankan, dengan menerapkan teknik membaca ini TelUtizen dapat membaca secara efektif dan efisien.
 
Hal ini bertujuan agar mampu memperoleh pengetahuan dari buku yang sedang dibaca.  Mengadopsi metode belajar yang efektif akan membantu Sobat Medcom mencapai prestasi akademik yang lebih baik.
 
Menerapkan metode belajar yang sesuai dapat mengoptimalkan hasil belajarmu juga lho. Semangat belajar ya!
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(CEU)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *