14 Juta Ultra Mikro Masih Unbanked, Ini Strategi BRI

Berita, Teknologi561 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Sunarso mengatakan masih ada 14 juta pelaku usaha ultra mikro yang belum terjamah layanan keuangan formal. Sementara itu, ada sekitar 65 juta unit usaha ultra mikro yang bisa menjadi tulang punggung baru perekonomian tanah air.

“Holding Ultra Mikro bersama Pegadaian dan PNM didirikan pada 2021. Pegadaian merupakan pemberi gadai terbesar di Indonesia, sedangkan PNM merupakan salah satunya pemimpin dalam pinjaman berbasis kelompok,” ungkap Sunarso saat ASEAN Indo-Pasific Forum (AIPF) 2023, dikutip Jumat (8/9/2023).

Dia menjelaskan sejak terbentuk, Holding Ultra Mikro telah melakukan  pendanaan dan pendampingan terhadap 36,1 juta usaha mikro dan ultra mikro. Dari jumlah tersebut, ada 14,7 juta perempuan pelaku usaha ultra mikro yang juga mendapatkan pendampingan melalui Mekaar dari PNM.

Sunarso mengatakan RI juga menunjukkan komitmen kuat terhadap perbankan yang bertanggung jawab dan keberlanjutan dengan mengintegrasikan lingkungan, sosial, dan pertimbangan tata kelola ke dalam praktik bisnis intinya.

Untuk menjangkau masyarakat Indonesia hingga pelosok BRI memiliki strategi jitu, melalui SenyuM Mobile hingga Agen BRILink. Dengan begitu, layanan UMi bisa menjangkau masyarakat luas, meningkatkan literasi, dan bisnis tetap efisien.

Dalam platform tersebut, nasabah bisa mengajukan pinjaman tanpa perlu datang ke bank. BRI memastikan, tidak perlu waktu lama untuk persetujuan kredit yang diajukan, yakni hanya satu hari.

SenyuM Mobile, merupakan platform yang bisa mengajukan loan dan approval-nya bisa di-approve hanya dalam satu hari.

Sebelumnya, disebutkan segmen ultra mikro dan mikro telah mendominasi 48% dari seluruh portofolio BRI hingga kini. Capaian ini menjadi kunci bagi perusahaan untuk bergerak lebih jauh dan menjangkau segmen ini serta meningkatkan inklusi keuangan.

Baca Juga  Kebijakan Mendorong Sektor Minerba Sebagai Motor Pertumbuhan RI

Agen BRILink yang menjadi salah satu inovasi andalan BRI untuk meningkatkan inklusi keuangan di Tanah Air. Setiap Agen BRILink dibekali oleh aplikasi canggih BRI untuk mampu melayani masyarakat setiap waktu. Dengan begitu, meski berada di daerah terpencil, masyarakat tetap mendapatkan layanan keuangan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Di AIPF, Bos BRI Bahas Digitalisasi & Pemberdayaan UMKM

(rah/rah)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *